Tips Membuat Konten Berkualitas dan Disukai Google
KONTEN (isi) adalah raja (Content is King) adalah ungkapan populer di kalangan blogger dan editor konten situs web di seluruh dunia. Kontenlah yang menjadi pembeda satu blog dengan blog lainnya sekaligus penentu peringkat di halaman hasil pencarian (SERP).
Yang dimaksud konten blog bukan hanya tulisan (teks), tapi juga foto,
gambar, atau image dan video- audio. Konten blog, sebagaimana konten
media online pada umumnya, merupakan multimedia --teks, video, audio,
grafis, dan link.
Maka, yang dimaksua konten berkualitas adalah tulisan yang baik, foto yang baik, video yang bagus, grafis yang menarik, audio yang pas di telinga, dan link yang berguna dan tidak rusak (broken).
Maka, yang dimaksua konten berkualitas adalah tulisan yang baik, foto yang baik, video yang bagus, grafis yang menarik, audio yang pas di telinga, dan link yang berguna dan tidak rusak (broken).
Google sangat baik bagi kita, para blogger. Selain menyediakan domain
dan hosting gratis dan aman, juga memberikan banyak panduan dalam soal
desain dan konten blog, termasuk panduan membuat konten berkualitas
(quality content).
Panduan Membuat Konten Berkualitas
Berikut ini ringkasan panduan membuat isi blog yang berkualitas sehingga
disukai mesin pencari dan pembaca, sebagaimana dikemukakan Google dalam
Cara Membuat Konten Berharga.
1. ASLI
Kata kunci untuk konten berkualitas asalah asli. Kata Google, tulisan atau konten asli (original), bukan copy paste apalagi plagiat, adalah kunci sukses dalam membuat situs web yang hebat.
"Jika orang merasa situs Anda berguna dan unik, mereka mungkin akan
kembali lagi atau menautkan konten Anda di situs web mereka. Hal ini
dapat membantu menarik lebih banyak orang ke situs Anda seiring waktu,"
jelas Google.
2. BERGUNA & INFORMATIF
Berguna dan informatif. Contohnya, jika membuat blog tentang restoran,
Google menyarankan blog kita menyertakan lokasi, jam buka, informasi
kontak, menu, dan berbagi acara (jadwal event).
3. LEBIH BERNILAI
Blog Anda harus lebih bernilai dan berguna daripada blog atau situs lain. "Jika Anda menulis cara melatih anjing, pastikan artikel Anda memberikan nilai lebih atau perspektif yang berbeda dibanding sejumlah artikel di web terkait pelatihan anjing," jelas Google, memberi contoh.
4. KREDIBEL
3. LEBIH BERNILAI
Blog Anda harus lebih bernilai dan berguna daripada blog atau situs lain. "Jika Anda menulis cara melatih anjing, pastikan artikel Anda memberikan nilai lebih atau perspektif yang berbeda dibanding sejumlah artikel di web terkait pelatihan anjing," jelas Google, memberi contoh.
4. KREDIBEL
Dapat dipercaya. Tampilkan kredibilitas situs Anda dengan menggunakan
sumber daya, kutipan, tautan, ulasan, dan testimoni asli. Biografi
penulis atau testimoni dari pelanggan dapat membantu meningkatkan
reputasi dan kepercayaan situs Anda. (Lihat juga: daftar menu untuk kredibilita blog).
5. HIGH QUALITY
Kualitas tinggi. Sebaiknya situs Anda memiliki konten yang unik,
spesifik, dan berkualitas tinggi. Konten sebaiknya tidak diproduksi
secara massal atau dialihdayakan ke sejumlah besar situs lain alias
diposting di banyak blog.
6. FOKUS KE PEMBACA!
Perlu diingat, konten blog Anda sebaiknya dibuat dengan tujuan utama memberikan pengalaman terbaik bagi pengguna, bukan untuk memiliki peringkat tinggi di mesin telusur.
Itu peringatan Google: buatlah tulisan untuk pembaca, bukan untuk mesin pencari! Kayanya banyak nih blogger
yang orientasi postingnya ke mesin pencari, sehingga tulisannya tampak
tidak alami alias dibuat-buat atau dipaksakan, misalnya kata kunci
ditulis berulang-ulang. CB termasuk juga kayaknya nih, hi hih!
7. MENARIK
Buat situs / blog Anda berwarna dan terasa hidup dengan menambahkan
gambar produk, tim, atau diri Anda sendiri. Jangan cuma tulisan,
lengkapi dengan grafis, dan jika perlu video dan audio.
0 komentar:
Post a Comment